13.8 C
New York
Jumat, September 30, 2022

Perpustakaan Minecraft tanpa sensor

Sekelompok jurnalis membangun perpustakaan Minecraft, dengan buku dan artikel yang disensor pemerintah dari berbagai negara, tidak diterbitkan untuk umum karena satu dan lain hal. Tapi, tempat yang disebut The Uncensored Library di Minecraft ini dapat diakses oleh siapa saja — dengan desain arsitekturnya yang menakjubkan.

Perpustakaan ini merupakan kemitraan antara kelompok Reporters Without Borders, yang membela kebebasan pers di seluruh dunia, dan biro iklan DDB.

Perpustakaan Minecraft

“Tujuannya adalah untuk menjangkau pemain berusia antara 15 dan 30 tahun, terutama di negara-negara dengan sensor online, untuk melibatkan mereka dengan jurnalisme independen,” penjelasan Direktur Seni Senior DDB Jerman Sandro Heierli dalam sebuah wawancara dengan situs web tersebut. 

Perpustakaan dibagi menjadi beberapa ruangan; masing-masing didedikasikan untuk negara dan jurnalis lokal yang telah disensor, diasingkan atau dibunuh. Siapakah mereka:

  • Jamal Khashoggi — Arab Saudi
  • Javier Valdez — Meksiko
  • Mada Masr — Mesir
  • Nguyen Van Dai — Vietnam
  • Yulia Berezovskaya — Rusia

Kasus terbaru (dan mengejutkan) adalah kasus Jamal Khashoggi. Jurnalis itu dibunuh di dalam konsulat Saudi pada 2018, di Istanbul, setelah kritik yang ditujukan ke pemerintah daerah dan putra mahkota negara itu, Mohammad bin Salman. Berdasarkan BBC, tubuhnya tidak pernah ditemukan.

Protes atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi (Foto: Prachatai/Creative Commons)

Pilihan itu didasarkan pada Indeks Kebebasan Pers Dunia, yang diproduksi oleh Reporter Without Borders (semakin rendah angkanya, semakin sedikit kebebasan bagi jurnalis), dan Minecraft adalah games yang paling banyak dimainkan menurut data Google.

Teks ditampilkan dalam buku, item dalam game. Semua konten disimpan di cloud melalui blockchain; dengan demikian, penguasa (dan pengguna) tidak dapat memantau konten atau mengubahnya. Namun, akses tidak dienkripsi — yaitu, pengguna yang mengakses peta dapat memiliki nama panggilan mereka, ditautkan ke akun, dapat dilihat oleh semua pengguna lain.

Untuk meringankan hal ini, perpustakaan dapat diunduh sebagai peta offline dan bahkan diperbanyak. “Peta offline kemudian ditempatkan pada penyimpanan cloud blockchain yang terdesentralisasi — membuatnya tidak mungkin untuk diretas,” kata Heierli melanjutkan:

“Setelah diunduh, peta dapat dimuat lagi, memungkinkan perpustakaan berkembang biak. Sejauh ini, ada lebih dari 200.000 eksemplar — yang membuat perpustakaan tidak mungkin dibongkar bahkan untuk Reporters Without Borders sendiri.”

Desain perpustakaan

Proyek ini mengesankan baik untuk tujuan dan tampilannya, terinspirasi oleh arsitektur Romawi dan Yunani kuno. Desainnya dilakukan dalam kemitraan dengan BlockWorks, sebuah studio yang berspesialisasi dalam menciptakan tempat di Minecraft: secara keseluruhan, 24 orang dari 16 negara membantu membuat bangunan ini; 12,5 juta blok digital digunakan untuk membangunnya.

Namun, jangan terkecoh dengan banyaknya buku di rak: buku-buku itu hanya untuk hiasan. Buku-buku yang benar-benar penting ada di tengah setiap ruangan; ini dia yang bisa kamu baca.

“Perpustakaan Tanpa Sensor adalah peluncuran yang berani dari Minecraft, dan itu benar-benar merangkum semua hal hebat tentang game ini dan komunitas yang diciptakannya,” kata Managing Director BlockWorks James Delaney.

Minecraft adalah salah satu game yang paling banyak diakses di dunia

Tapi mengapa membuat perpustakaan di Minecraft? Jawabannya sederhana: game ini sukses besar, dengan 140 juta pengguna aktif pada tahun 2021, menurut distributor, Microsoft. Meskipun memiliki banyak pemain anak-anak dan remaja, permainan ini juga terkenal di kalangan anak muda dan dewasa – di Amerika Serikat dan Eropa, rata-rata pemain berusia 27 tahun, misalnya. Heierli berkata:

“Di negara-negara yang menindas yang semakin membatasi hak warganya, kaum muda terutama cenderung melarikan diri ke game seperti Minecraft, yang masih memberikan kebebasan di dunia virtual.”

Permainan ini juga digunakan sebagai sumber pendidikan di beberapa sekolah dan museum di seluruh dunia. Di Brasil, misalnya, Museum of Modern Art (MAM) di São Paulo menandatangani kemitraan dengan Microsoft untuk memungkinkan kunjungan, konstruksi, dan bahkan pameran karya seni dalam game. Bahkan ada versi game untuk area pendidikan, yang disebut Minecraft: Edisi Pendidikan difokuskan untuk digunakan di sekolah.

Untuk mengakses perpustakaan, unduh peta dari situs resmi. Minecraft tersedia untuk PC, konsol, dan ponsel.

Sumber: BBC, sepuluh, Gizmodo, TechCrunch, Uncensoredlibrary

Ikuti MediaCyber di Google News. Untuk index berita lainnya dapat dilihat pada tautan ini.  Terima kasih sudah membaca artikel tentang Minecraft memiliki perpustakaan teks yang disensor oleh pemerintah.
Mediacyber.id
Mediacyber.idhttp://mediacyber.id/
Mediacyber adalah perusahaan media multi-platform yang terus melakukan pembaharuan digital dalam menyediakan berita, perkembangan, dan tren teknologi terkini di Indonesia.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest Articles